12.15.2012

Pengertian Algoritma & Pemrograman


  1. Algoritma
    Algoritma merupakan suatu istilah yang luas, yang tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer.

    Asal Usul kata Algoritma
    Para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.

    Definisi“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”.

    > Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah.  Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998 )

    > Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga  algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain.  Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)
  2. Pemograman
    Pemrograman adalah segala kegiatan pembuatan program komputer.
    Bahasa pemrograman yang berarti bahasa yang digunakan dalam pembuatan program komputer.

    Definisi 
    Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program).

    Berdasarkan pengertian algoritma dan pemrograman, maka dapat dikatakan bahwa program merupakan hasil penerapan dari algoritma-algoritma.

    Beberapa pakar memberi formula berikut :
    Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)
    
    From Seni Kode & kioseo

Anda juga membaca ...:

No comments

Post a Comment