9.13.2012

Karakter dan Simbol Kode Notasi HTML Khusus


Berkunjung ke blognya Bag Del yang membahas tentang cara menampilkan kode HTML pada postingan, saya menemukan apa yang selama ini saya cari, berikut diantaranya. Padahal posting ini sudah dipublish sejak Minggu, 16 Agustus, 2009, ketika saya baru belajar buat blog.
Baiklah, mari kita lihat...

Karakter dan Simbol Kode Notasi HTML Khusus

Untuk itu semua sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang kode HTML. Bagaimana menampilkan kode HTML pada posting blog? Untuk menulisnya dapat dilakukan dengan mengganti karakter yang mau ditulis di posting dengan notasi tertentu. Dapat dilakukan secara manual atau dengan bantuan software tertentu dan layanan situs menulis kode html atau parse HTML. Nah, kalau secara manual berarti harus mengetik sendiri notasi yang mau ditulis tersebut. Diantara karakter kode html yang umum digunakan adalah seperti pada tabel di bawah ini:

Karakter
Notasi
No. Kode
Keterangan
<
&lt;
&#60;
Tanda Lebih Kecil Dari
>
&gt;
&#62;;
Tanda Lebih Besar Dari
«
&laquo;
&#171;
Kurung Terbuka Ganda
»
&raquo;
&#187;
Kurung Tertutup Ganda
&
&amp;
&#38;
Tanda Dan
"
&quot;
&#34;
Tanda Petik Ganda
±
&plusmn;
&#177;
Tanda Plus Minus
Space
&nbsp;
&#160;
Tanda Spasi
&trade;
&#153;
Tanda Trademark
©
&copy;
&#169;
Tanda Hak Cipta
®
&reg;
&#174;
Tanda Registered

Selain itu masih banyak lagi karakter atau simbol lain yang bisa ditampilkan pada posting blog dengan notasi html khusus. Misalnya kode html untuk simbol yang biasa kita dapati dalam ilmu matematika, simbol mata uang dan editing huruf, garis dan simbol unik lainnya. Menampilkan kode html pada posting bisa dilakukan dengan menulis seperti teks biasa atau dengan cara menampilkan kode html pada text area. Berikut contohnya:

Menulis kode HTML pada posting seperti teks biasa


Contoh kalimat yang akan anda tulis berada di sini dan kode html ditulis di bawahnya.


<meta equiv="Content-Type" content="text/html; charset=win 1252">
</meta>

Sekarang bagaimana cara menulis kalimat dan kode html tersebut agar dapat tampil di posting blog? Kalau kalimatnya cukup diketik seperti biasa. Sedangkan untuk kode html-nya dapat dibuat seperti ini.


Contoh kalimat yang akan anda tulis berada di sini dan kode html ditulis di bawahnya.

<code>
&lt;meta equiv="Content-Type" content="text/html; charset=win 1252"&gt;
&lt;/meta&gt;
</code>

Penambahan atribut <code> dan </code> adalah perintah yang menandakan anda sedang menulis kode html sehingga yang tampil di posting adalah kode tersebut. Penting, saat menulis kode html pilih Edit HTML jangan pilih Tulis atau Compose, tapi pilihlah pada tab HTML atau edit HTML-nya.


Anda juga membaca ...:

No comments

Post a Comment