9.13.2012

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan "jQuery"

 Memang sedikit yang mau membahas tentang ini karena sebagian besar pegiat yang aktif di dunia blogging dan web design sudah tahu Kelebihan dan Kekurangan jQuery, bahkan lebih dari itu mereka membahas cara bagaimana menyiasati untuk memaksimalkan jQuery dan meminimalisir kekurangannya.
Berikut yang dapat saya simpulkan secara sederhana.
  • Kelebihan : 
- Write Less, Do More.
- Dengan menggunakan jQuery tentu kita telah menyederhanakan penggunaan javascript, karena kita cukup menggunakan fungsi dari library javascript yang ada. Juga mempercepat coding javascript dalam sebuah website. Dibandingkan bila kita harus mulai sebuah script javascript satu per satu dari nol. Dengan menggunakan jQuery berarti kita telah meringkasnya dan membiarkan jQuery mengolahnya.
- Fungsi pemakaian beserta contohnya bisa anda lihat di http://jquery.com untuk mempermudah dalam pembelajaran jQuery.
- Support terhadap CSS1-3 selector, untuk fleksibilitas desain antar muka halaman website dan interaksinya.
- Halaman website/blog yang dibangun dengan jQuery akan lebih interaktif dan menarik, membuat para pengunjung lebih terkesan.
  • Kekurangan :
- Walaupun klaim bahwa loading menjadi semakin ringan, web/blog yang tidak menggunakan jQuery alias HTML murni tetap lebih ringan untuk diload terutama dimata CPU dan RAM.
-Dari sisi server hosting pun, CPU dan RAM harus mengalokasikan resource yang mereka miliki untuk menangani request terhadap jQuery. Pada level tertentu request yang sangat banyak melebihi standar akan membebani server tersebut. 
Solusi: host jquery pada situs lain, seperti Google yang menyediakan request jQuery dari servernya (API).
-Hal ini tidak akan terasa jika anda memiliki komputer yang powerful dan koneksi yang kencang, namun bila pengunjung situt anda tidak memiliki itu semua, alias koneksi lelet dan komputer yang lemah syahwat...? Maka mereka lebih memilih untuk tidak hanya menutup situs web anda, tapi juga situs lainnya yang dirasa berat kecuali beranda browser...[heheh, ngomong apa sich..!] 
  • Kesimpulan : 
jQuery mampu merubah interaksi sebuah website menjadi lebih baik dan menarik, namun harus di bayar dengan beban load yang lebih lama dibandingkan dengan tidak menggunakan script jQuery.
Ilmu ini kami peroleh dari afterschools.blogspot.com. Semoga bermanfaat.

Anda juga membaca ...:

1 comment